Tuhan di mana sih?

Kadang – kadang kalau kita melihat di sekeliling kita, rasanya Tuhan itu tidak adil. Mengapa ada orang yang dilahirkan nyaris sempurna. Dia ganteng, kaya, orang tuanya mengasihi dia, dan mereka semua hidup dalam Tuhan.

Ketika kita mengalami pergumulan yang berat, hal-hal yang kita lihat tidak adil tersebut membuat kita bertanya – tanya. Tuhan di mana sih?

Tuhan tidak kemana mana sahabatku. Di saat engkau bersedih dan menangis, engkau tidak sendirian. Tuhan ada disekitarmu. Engkau cuma butuh lebih peka. Dan ketika engkau mengetahui Tuhan ada disampingmu, itu sudah cukup. Dia penghiburmu, Dia kuatmu.

Saya mengalami hal ini sendiri. Saat ini saya sedang menghadapi pergumulan yang berat dan panjang. Benar – benar menguras batin. Saya merasa sudah mengecewakan semua orang. Keluarga saya, pacar saya, teman – teman bahkan mengecewakan Tuhan. Sampai akhirnya saya hanya bisa mengurung diri di kamar, menangis. Saya pikir saya sendirian. Di mana Tuhan? Yang bener aja Tuhan. Aku ga bisa menghadapi masalah – masalah seperti ini.

Tuhan merespon, hanya saja kita perlu lebih peka. Tuhan memancarkan kasihnya melalui anjing saya, yang duduk di lantai, kemudian mendengar saya menangis, dia naik ke ranjang saya, duduk di sebelah saya, menatap saya seolah ingin saya mengerti kalau dia mengasihi saya. Pacar saya menghibur saya lewat pesan singkat seolah seberapapun mengecewakannya saya, dia tetap mengasihi saya. Orang tua saya tetap mau membiayai saya meskipun mereka kekurangan. Dan saya tahu, saya masih punya banyak sahabat yang memiliki kasih Tuhan dan mereka siap berbagi kasih Tuhan dengan saya.

Sahabatku yang terkasih, ketahuilah bahwa setiap orang memiliki pergumulannya sendiri sendiri. Hanya saja intensitas dan durasi dari pergumulan masing-masing orang berbeda-beda sehingga seringkali orang yang beruntung yang kita anggap sempurna tersebut tidak terlihat sedang bergumul.

Tuhan ada di sekitarmu. Pekalah! Dan jangan sampai pengharapanmu hilang. Karena masa depan sungguh ada!

Leave a Reply

